Tuesday, December 3, 2013

JAKARTA INTERNATIONAL KITE FESTIVAL 2013

Ini adalah event tahunan yang selalu saya tunggu. Dimulai dari tahun 2008, saya tidak pernah absen dari event ini. Apa sih bagusnya? Bisa ngapain aja? Ya, apalagi kalo ngak main layangan. Ngapain lagi. Yakeleus mau ngapain.





Jakarta Int'l Kite Festival (JIKF), adalah sebuah event bermain layang-layang, yang di adakan oleh Le Gong Kites, dibantu oleh Pemda daerah Jakarta. Ini berlangsung tahunan, dan diselenggarakan di beberapa negara dan diikuti oleh pelayang Nasional dan Internasional. Seperti halnya kayak JIKF2013 :


JIKF2013, biasanya berlangsung selama dua hari. Kali ini, bertepat hari Sabtu (30 Oktober) dan Minggu (01 Desember). Di setiap harinya akan ada beberapa acara. Kebetulan saya bertugas menjadi MC di hari Sabtu, dan acaranya adalah :
- Persiapan dan ramahtamah.
- Pembukaan Jakarta International Kite Festival 2013.

~~o~~

1. Persiapan dan Ramahtamah Pelayang.

Biasanya para pelayang Nasional dan Internasional sudah hadir di venue jam 09.00. . Disini tugas saya dan Shinta adalah berkeliling 'menginterview' tentang layangan yang akan dipamerkan oleh para pelayang. Para pelayang dibantu para LO mulai menyiapkan layangan yang akan diterbangkannya. Dan, sumpah, setiap tahunnya, para pelayang selalu membawa design layangan yang berbeda dan lebih kece.

Layangan Kuda Sembrani dari Pelayang Singapore.

Layangan Spongebob dari Pelayang Nasional 

Train Kite atau layangan beruntun, Barong, dari Pelayang Nasional, Bali.

Layangan dari Kerajaan Malaysia.

Layangan dari DKI Jakarta, Layangan Batik. Terbuat dari bahan / kain, dan bisa terbang.


Yang bulet-bulet ini, namanya Spinner. Dulu, spinner belum termasuk jenis layangan, hanya berfungsi sebagai asesories layangan. Tapi makin lama, Spinner menjadi Idola, sehingga hampir semua pelayang mempunyainya.

2. Pembukaan JIKF2013
Kali ini saya dipartnerkan dengan @SariWidyanti None Jakarta 2013, untuk membuka Jakarta International Kite Festival. Sayang, rencana awalnya yang akan dibuka oleh Jokowi, gubernur DKI Jakarta terpaksa harus diganti, karena kesibukan beliau. Akhirnya, Dr. Ir. Sutanto Soehodho, M. Eng, Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi yang membuka acaranya.



Acara pembukaan, alhamdulillah berjalan dengan baik. Acara utama selesai, saatnya saya bermain layangan.
Layangan Kresna dari Pelayang Nasional.

Layangan Ikan Pari dari Pelayang USA.

Layangan Ikan Paus yang sedang dikejar ikan Piranha. Keren!

Layangan Bee dari Pelayang Thailand.

Apalah artinya Jakarta International Kite Festival, jika tidak ada wanita satu ini. Ibu Sari Madjid, biasa kami panggil Bunda, adalah Ratunya Layangan Indonesia. Terimakasih BUN..


Senangnya bertemu dengan teman-teman lama, salah satunya Sin, biasa dipanggil Sinchan, beliau adalah pemilik YKK yuk, kirim cv Beliau bilang (tentunya pake translate ya), main layangan itu asik to, melatih kesabaran, sekaligus memahami alam. Kalau suasana hati lagi bagus, angin akan datang dan membawa layangan kita setinggi langit. Sama dengan keinginan kita, jika kita ingin sesuatu, sabarlah, tenangkan hati, dan pasrahkan semuanya, mudah-mudahan terkabul.





No comments:

Post a Comment