Sunday, May 20, 2012

Muncul di TV


WARNING: TULISAN INI AGAK PANJANG DAN NORAK ADANYA! XD

Jadi, udah hampir 3 mingguan gue lagi mondar-mandir ke Indosiar. Ngapain to, casting? Bukan, tapi suting :D

Anjir kalimat pertama aja udah norak. Bodo ya! Hahahaaa..

Iya, suting program baru di Indosiar yang namanya, “Pandawa vs Kurawa”. Program yang disadur dari sandiwara radio “Asal Muasal Pandawa – Kurawa” di radio keren tempat gue bekerja, 97,5 FM Motion radio.

Begini-begitu kerja, take vo, kerja lagi, tiba-tiba aja siang itu, gue dipanggil sama @dagienkz dan pak bos @notazzz ke ruang cahaya, beginilah kira-kira obrolannya:

@dagienkz: gendut, sandiwara radio kita mau ditayangin di Indosiar!
Gue: Huwooo, kerennn!
@dagienkz: Nah, lo jadi mas Gun-nya ya!
Gue: Maksudnya gienkz?
@notazzz: Iya, kan lo yang nyiptain karakter Gunungan alias mas Gun, di sandiwara radio, nah di Indosiar nanti, dagienkz pengennya tetep lo yang meranin mas Gun!
Gue: Jiiiiiaaah, jangan gue dong!
@dagienkz: lah kenapa?
Gue: Jangan, malu, gak bisa acting gue!
@notazzz: bisaaaa..
Gue: Jangan dong paknyaaaa, yang laen aje ye!
@dagienkz: Ga ada yang bisa gendut, lo udah paling pas jadi mas Gun! Udah ah, deal! Mulei Senin-Selasa lo suting di studio 5 Indosiar!
Gue: Jangan dong gienkz, paknya, yang laen aje, please!



Belas kasian gue pun tidak didengarkan oleh mereka, hahaha, kampret! Ya udah, dengan bismillah akan kupinang mas Gun. #halah. Maka, keringet dingin dan deg-deg-an membabi buta menyerang gue. Anjrot, gue ga pernah acting di teve.

Kalo acting di depan orang, lumayanlah ya, jadi emci, vokalis band, nge-dongeng di Mall, dan sempet juga jadi kameo di beberapa teater, TAPI INI DI DEPAN KAMERA. GUE BELOM PERNAH!

Maka riset pun mulai gue lakukan, gue sering nanya-nanya sama @myArtasya secara dia sering jadi Host di TV, trus nelpon ibu Sari Madjid untuk minta tips dan do’anya secara bunbun megang Teater Koma, curhatan pun mengalir ke @miund dan @r_angie.

Tiba-tiba juga disuatu pagi, @dagienkz ke ruangan gue. Obrolan pun terjadi:

@dagienkz: Ndut, bentar lagi gue kirimin contoh skripnya ya!
Gue: Skrip apaan?
@dagienkz: Skrip wayang Indosiarlah!
Gue: Ooo, sip!
@dagienkz: Nah, nanti lo bikin kayak gitu?
Gue: Bikin apaan, gienkz?
@dagienkz: Ya bikin skripnya lah!
Gue: Gue!
@dagienkz: Iya, kan lo juga nulis untuk sandiwara radio. Jadi nanti, elo yang nulis skrip untuk wayang di Indosiar, gue bantu revisi deh!

MAKA GUE PUN PINGSAN!

H-7
Gue pun akhirnya tutorial sama @dagienkz, ngebahas pengen kayak apa nanti skripnya, dan Alhamdulillah jadilah gue penulis naskah / scenario wayang “Pandawa vs Kurawa” di Indosiar nanti.

Gue pun agak shock, ternyata gue bisa ya nulis skrip / naskah panjang. BANGGA SAMA DIRI SENDIRI!!!

H-5
Gue mulai di ajak @dagienkz ke Indosiar miting untuk ngebahas per-scene yang akan ditampilin. Ketemu Bang Saad sang sutradara, ketemu Mba Jacklyn sang produser.

H-4
Mungkin karena deg-degan dan rasa takut yang ada di gue. Gue takut, karena cerita wayang adalah sebuah Legenda. Akar dari masyarakat India dan Jawa, maka wajar banget gue merinding sampe ngimpi. Di dalam mimpi, gue di datengi bapak tua yang senyum, bilang dia seneng bgt dan bangga bgt gue bisa nyoba nerusin cerita wayang.

Paginya, gue cerita ke nyokap, kata nyokap mungkin itu kakek gue. Nyokap pernah cerita kalo dulu kakek gue itu dalang, jadi kemungkinan dia dateng merestui cucunya :D

H-3
Peurt mules, skrip beberapa episode belom kelar, ditelponin lagi sama si kiting kapan skripnya kelar, maka lengkaplah ke norak-an gue, kerja ga konsen (halah, padahal ngantuk), makan pun tak enak (karena emang belom gajian), tiba-tiba teringat KALO BESOK ADALAH KONSER MORRISSEY! Maka hilanglah semua kecemasan dalam seketika. (gue akan cerita di tulisan yg berbeda tentang konser Morrissey).

H-2
Balik ke Indosiar, reading dan building chemistry sama Mba Nara yang baru, karena si @myArtasya ga bisa ikutan, maka peran mba Nara pun digantikan oleh Ellis, seorang pemain teater lulusan dari ISI Jogja. Sorenya balik ke kantor, dan curhat ke @myArtasya, dan Tasya pun memberikan tips lagi, beginilah kira-kira tipsnya:

  • Bo, kalo lo di depan kamera, LO TUH HARUS PEDE! Karena akan keliatan banget, klo lo ga pede, stress, dan segalanya.
  • Ceu, kalau bisa sebelum mulei, lo harus PEMANASAN dulu, biar otot-otot lo nanti ga kaget ketika lo disuruh adegan-adegan yang berat.
  • Mak, kalo di depan kamera, gerak badan lo harus SEMUA, muka, gesture badan, mimic muka, dan segalanya. Misal, lo kalo ngambil gelas kan gerakannya: tangan lo gerak ke gelas, trus gelas lo angkat, dan minum. Nah, klo dikamera, muka lo keliatan aus, trus mata lo ngeliat gelas, tangan gerak ke gelas, gelas diangkat, dan minum, serta ekspresi lega abis minum.
  • Eh, pokoknya lo harus BANGGA SAMA DIRI LO SENDIRI DAN ELO HARUS MAEN YANG BAGUS! gue gak mau temen gue keliatan jelek.
  • Dll
(mamacih macaaaa :’)


Hari H,
Dengan restu dari ortu, anak serta estri tercintah, maka mulailah suting hari pertama, dengan di kawal @dagienkz, gue ngerasa tenang, karena aslik gue deg-degan dan perlu banget ada orang yang gue kenal untuk nenangin aja sik (norak beud yak) XD

@dagienkz sepertinya tau gue deg-degan, maka PERGILAH DIA NINGGALIN GUE SENDIRIAN, KAMPRET!!! Eh ngak taunya, sorenya dia balik lagi bawain gue sushi, dan lain-lain untuk makan sore gue.. :”)

Hari kedua, ALHAMDULILLAH suting pun lancar sampai sekarang. Dan inilah ke norak-an gue lainnya, yaitu : MINTA FOTO SAMA PARA PEMAIN XD









JADI JANGAN LUPA YA, NONTON INDOSIAR, MULAI TGL 21 MEI 2012, SETIAP SENIN & SELASA, JAM 22.00 WIB.

CIHUY!


No comments:

Post a Comment