Tuesday, February 14, 2012

Kisah Cupid dan Psyche


LOKASI: DI KAMAR BERDUA SAMA AYANG

Gue punya tebak-tebakan nih, gue akan kasih beberapa clue nanti kalian tinggal jawab ya :
  • semua orang ingin memiliki aku.
  • rasa aku ada yang bilang manis banget, tapi ada yang pait banget.
  • kalo kamu punya aku, kamu bisa bahagia, berbunga-bunga, tapi bisa juga jatuh terpuruk.
  • aku tuh susah.ditebak, kadang gampang nemuin aku, tapi ada beberapa orang yang susah banget nemuin aku.
  • ada seorang dewa bersayap dan memegang busur & panah, yang kata lambang aku.
  • bahkan ada loh yg merayakan aku khusus di bulan februari.

Ada yang tau jawabannya?

Iyak yang jawab C.I.N.T.A, BENAAAAR! :D

Berhubung sekarang tanggal 14 Februari 2012, dimana orang-orang dulu menetapkan sebagai hari Kasih sayang, maka gue akan coba cerita tentang kisah seorang dewa, yang disinyalir sebagai dewa cinta. Dia adalah dewa Cupid.

(foto: dewa Cupid)


Begini ceritanya..

Hari itu matahari terlihat pas sinarnya.. gak terlalu kenceng, juga gak lagi ngumpet.. Pokoknya pas.. pas untuk berjemur.. Setidaknya itulah yang sedang dilakukan oleh Dewi Venus dan anaknya cupid di pantai..

“Mama, balik yuk ke kayangan. Bosen aku di bumi, ga ada yang asik!” kata Cupid bête.
“Tunggu dong sayang. Mama kan lagi tanning. Dikit lagi deh ya?! Kamu bangga kan kalo punya mama cantik!” balas Dewi Venus sambil membenarkan letak kacamata hitamnya.
“Ya iyalah cantik, kan mama Dewi Kecantikan!” Cupid nambah bête.

Dalam roman mitology dewi Venus melambangkan dewi kecantikan dan gairah. Dan ia sangat suka membanggakan dirinya. Nama lain Dewi Venus adalah Afrodit. Ia lahir dari buih dilautan, itulah mengapa ia sangat cinta lautan.

(foto: dewi Venus)

“Ihh.. o my god..!! plis deh..!!” tiba-tiba Venus teriak.
“Kenapa ma..?” Cupid kaget.
“Ihh.. ganggu pemandangan banget sih..!! Cupid sayang, mama mau kamu membunuh gadis yg jelek itu!! Venus misuh-misuh.
“Gadis yang mana sih ma?” Cupid melihat kanan dan kiri.
“Itu.. tu.. yang di depan kita.. kamu harus bunuh dia.. awas kalo ngak!! mama pulang dulu ke kayangan ya..” Venus menghilang

Sebenernya Cupid males membunuh manusia, tapi karena perintah ibunya terpaksa ia harus melakukannya. Dengan sayapnya ia terbang mendekati gadis yang ditunjuk ibunya.

Begitu Cupid melihat dengan jelas gadis itu. Ia terpana. Ia bengong. Ia nganga. Ia ngiler. Ia napsu.. Ternyata, gadis yang harus dibunuhnya adalah seorang gadis yang sangat cantik. Bahkan mungkin melebihi kecantikan ibunya, Dewi Kecantikan.

“Ehemm.. Haloo.. permisi… Aku dewa Cupid, kamu siapa ya?”
“Aduh silau.. Aku ga bisa liat muka kamu..” kata gadis cantik itu
"Aku dewa Cupid!"
"Dewa? Stupid?"
“Salaaah.. namaku Cu.. Kyu.. Cupid!” Cupid kesel
“Oh maaf.. Cupid ya? Nama aku Psyche! Ada apa ya?”

(foto: Psyche)

Suara gadis itu membius Cupid. Rambut panjang Psyche melambai-lambai tertiup angin, menampakkan lehernya yang indah.

Anjrit, ni cewek cakep banget!! gue gak tega ngebunuh!!” Kata Cupid dalam hati.
“Cupid.. Kok kamu diem aja sih?” Psyche menggoda.
“Hmm.. Psyche.. kamu cantik..!”
“Ah.. kamu bisa aja deh!”
“Beneran! Suer!”
“Makasih..!” Psyche tersenyum.

“Babiikkk.. Cakep banget nih cewek.. Gue mau ajak kawin aja deh, urusan mama belakangan..!!” kata Cupid dalam hati

Psyche.. Hmm.. Mau gak kamu nikah sama aku..?” Cupid tersenyum.
“Apaaa.. Nikah sama elooooo..??” Psyche kaget. “Mau banget! Tapi aku mau lihat dulu wujud kamu, muka kamu, jempol kamu!” Psyche tersenyum.
"Kok jempol?"
"Hmm.. kan katanya kalo jempolnya gede..." Psyche tidak meneruskan kalimatnya, mukanya memerah.

Dasar Cupid bukannya melaksanakan perintah ibunya Venus utk ngebunuh, malah dikawinin si Pysche. Cupid adalah seorang dewa, ada sebuah pantangan khusus jika seorang dewa harus menikah dengan manusia.

Psyche Sayang..!!” kata Cupid pelan.
“Issh.. udah panggil sayang..!!”
“Aku cinta padamu langsung pada pandangan pertama. Terimakasih kamu mau menerima ajakan nikahku, tapi karena aku dewa dan kamu manusia..” Cupid berhenti sejenak.
“Ada sebuah peraturan yang sudah dibuat oleh Dewan Dewa di Kayangan.. kamu tidak boleh melihat wajahku..!!

Bagaikan tersambar petir Psyche kaget.

Lah sayang.. terus gimana aku liat kamuu! Apalah arti pernikahan ini jika aku gak boleh melihat muka suamiku, siapa dong yang harus aku liat? Ayam? Kucing?” Psyche mulai menangis.
“Jangan menangis sayang. Aku tau aku ganteng, tapi.. begitulah peraturannya..” Cupid memeluk Psyche.

Tapi sayang.. Pysche akhirnya gak tahan, dan ia pun memaksa untuk melihat  muka si cupid. Dan Cupid pun tidak bisa menolaknya. Seketika itu juga.. JEGAAARRR!!! Suara petir menggelegar. Gemuruh  kilat dan halilintar bersaut-sautan.

Psyche sayang, kita telah melanggar larangan itu!” Cupid sedih.
“Maafkan aku Cupid. Aku cuma ingin melihat muka calon suamiku.” Psyche panik.
“Maaf sayang, peraturan tetaplah peraturan, kita harus berpisah.. aku tidak bisa bersama kamu lagi! Maafkan akuuu….! Cupid pun menghilang.

Cupid tungguu, maafkan akuuu... Cupidd.. jangan tinggalkan aku...! Psyche menangis.

Karena cintanya yang kuat Psyche mencari Cupid kemanapun, sambil ia berdendang lagu Ayu Tinting.. Hingga sampai di kayangan dewi Venus..

“Hai anak manusia jelek.. lancang sekali kau berdoa dia tempatku!” kata Venus judes.
“Oh dewa kecantikan, apakah kamu tau dimana Cupid berada? Tolonglah hamba.. Aku sangat mencintainya!” Psyche memohon.

Tadinya Venus mau membunuh Psyche, tapi melihat cinta Psyche yang begitu dalam kepada Cupid anaknya.

“Hai anak manusia. Baiklah, aku akan mempertemukan kau dengan Cupid anakku. Tapi dengan satu syarat!”
“Sebutkan syarat itu. Apapun akan aku lakukan untuk Stupid!”
“Cupid bodoh!” Venus murka.
“Iya, tapi panggilan sayangku padanya Stupid!” Psyche merujuk.
“Terserah.. Pergilah kau ke dunia bawah tanah, dan bawalah kotak ini. Kotak ini berisi kumpulan kecantikan dewi Proserpince, istri Pluto dan kamu tidak boleh membuka kotak itu!” kata Venus.

Akhirnya Psyche pun menuruti perintah dewi Venus. Di tengah jalan..

“Hah jauh amat sih tempatnya.. mana berat kotak ini.. apaan sih isinya.. buka ahh..!”

JEGARR.. PETIR, KILAT DAN HALILINTAR MENYAMBAR TUBUHNYA..

“Cupid.. cupid dimana kamu sayang.. i.. love you..!” Psyche pun menghembuskan napas. Ia meninggal.

Dari atas awan, tampak cahaya turun secepat kilat menuju tubuh Psyche. Cahaya itu adalah Cupid.

“Bebih.. Darling.. Ayang.. Chibi Psyche.. maafkan aku karena telah meninggalkan kamu.. tapi aku selalu memperhatikan kamu dari kayangan.. dan sekarang kamu mati karena mencari aku!” Cupid menangis, dan ia pun bersumpah..

“PSYCHE.. AKU BERJANJI.. AKAN MEMBERIKAN CINTAKU KEPADA SELURUH MANUSIA.. SEPERTI CINTAMU YANG BESAR KEPADAKU..!”

Ya begitulah kisah cinta seorang Dewa kepada manusia. Sedih ya. 

(foto: dewa Cupid dan Psyche)

Dan tau gak sih, kalau :

·   Cinta seperti memiliki rasa kecanduan kimiawi. Jatuh cinta meningkatkan produksidopamine, zat kimia yang menentukan rasa nikmat yang menimbulkan rasa kecanduan.
· Penelitian memperlihatkan, secara insting, melalui indera penciuman, seorang wanita dapat mengetahui pria yang tepat untuk dirinya dan bisa menjadi suami serta memberikannya keturunan.
·    Penelitian memperlihatkan, pasangan yang bahagia sama halnya dengan memiliki kekayaan miliaran rupiah. Dengan kata lain, kita bisa jadi kaya di dalam cinta
·    CINTA ADALAH OBAT MUJARAB, mengendurkan sakit kepala, membebaskan hidung mampet, dan depresi secara instan.

No comments:

Post a Comment