Monday, November 18, 2013

Pingu On Mars [sebuah flashback]

Yah halo, udah lama gak bersua disini.
Sebenernya, semua kemalesan nulis moment hidup saya dipermudah oleh path, ketik sedikit kasih gambar, pencet send langsung deh connect ke tumblr pribadi, tapi makin kesini kok kangen juga nulis disini. Nulis panjang maksudnya. #diperjelas.

Well, kali ini saya mau cerita tentang sebuah project.
Project kecil sih keliatannya, tapi bagi saya ini sebuah PROJECT BESAR. Besar banget, sebesar rasa keinginan saya selama ini. Project bernama Pingu On Mars.


 
Dulu waktu kecil, saya ngefans banget sama orang-orang yang bisa bikin animasi. Buku, film, gambar-gambar, cerita-cerita semua keluaran Walt Disney, Warner Bros, dan lainnya semua masuk ke dalam saya kecil. Bahkan sampe kebawa mimpi dan jadi sebuah keinginan. Ingin bisa gambar. Ingin punya buku dengan cerita dan gambar sendiri.

Umur bertambah, kesibukan meningkat, banyak keinginan timbul, tapi kok keinginan itu gak ilang. Segala cara saya lakukan untuk bisa mewujudkan mimpi itu. Belajar gambar dari temen-temen yang jago gambar, belajar gambar di youtube, beli buku panduan menggambar untuk newbie, segala cara deh biar bisa gambar. Tapi akhirnya bakat mengatakan lain. Iya, saya gak bisa gambar, tangan saya suka gak konek dengan otak saya. Di otak yang pengen gambar apa, eh yang ke gambar tangan beda. Pasrah. Keinginan itu pelan-pelan ilang. Timbul ketidakpercayaan diri. Setiap gambar yang saya buat, pasti berujung di tong sampah. Iya, saya tidak bisa menghargai hasil coretan saya.

Hingga.. tanggal 9 Januari 2013, sebuah tragedi menimpa saya. Tulang kaki kiri saya patah. Patah pada tulang kering dan tendon. Ngilu? Banget. SUMPAH!


Kejadian ini membuat saya seperti orang mati. Lebeeeey Belum pernah saya ngerasain sakit yang super kayak gini. Sakitnya sampe gak bisa saya rasain lagi. Bawaannya nge-fly, karena sakitnya udah super sakit.

Saya gak bisa ngapa-ngapain, cuma bisa tidur gak berdaya di rumahsakit. Depresi menghampiri. Pikiran selalu ke rumah, karena keinget anak dan istri (anak kedua saya baru saja lahir, istri sendirian di rumah sedang dlm proses recovery melahirkan, sementara saya di Rumahsakit). Arrgh! Yang bisa saya lakukan.. nangis.  :D

11 Januari, jam 1 malam, saya kebangun di kamar rumah sakit, karena kesakitan yang amat sangat. Saya lihat sekeliling, ada bapak yang tidur di samping kasur, mau bangunin gak enak. Akhirnya.. saya cuma ngedumel di kertas infus, saya coret2 kertasnya sampai saya ketiduran. Paginya sebuah kue tiba-tiba udah ada dipangkuan saya, ternyata ibu membawakan kue ulangtahun. Bahagia.


Seminggu di rumahsakit, akhirnya boleh juga pulang ke rumah. Kangen anak, istri. Gak tega, ngeliat mereka sedih. Terutama yang besar (Maira) kayaknya dia terpukul ngeliat bapaknya yang gak berdaya, cuma bisa tidur di kasur. Dengan takut-takut, Maira ngedeketin saya, dan memberikan buku gambarnya (dia memang suka sekali mewarnai). "Ayah, gambar yuk, nanti aku yang warnain lagi."  Untungnya, saya baru saja dikasih buku sketch oleh-oleh keliling Eropa dari Artasya.


Akhirnya, tangan ini pun mulai menggambar..


Keseharian saya: bangun, dimandiin bapak (Alhamdulillah, terimakasih ya Allah, saya diberikan bapak mertua yang baiiiikkk), sarapan, dan menggambar. Iya, karena cuma menggambarlah kegiatan yang bisa saya lakukan.


Bosen? Abiisss..
Untung, ada istri, anak yang selalu menemani. Plus, ada seorang sahabat yang selalu sudi saya ganggu ketika saya sedang kesakitan (gak tega mau ngerepotin istri yang masih recovery pasca melahirkan dan mengurus bayi, dengan dumelan saya).

Marisa, namanya. Iya, dia seorang sahabat yang dua tahun lalu dikenalkan oleh Miund, melalui YM. Sebenarnya agak aneh. Selama dua tahun ini, saya dan Marisa tidak pernah ketemu. Kita cuma ber-YMan, whatspaan, emailan. Semuanya kita lakukan lewat internet. Soalnya dia di Perth, Australia. Saya di Jakarta.

Anyway, setiap timbul rasa sakit ngilu di tulang yang patah, saya selalu message Marisa:
Saya: "Nyet, sakit nyet!"
dibalesnya: "Istighfar Nyet, gambar lagi gih!"
Saya, "SAKITT TAUK, GAK BISA GAMBAR!"
dibales lagi sama dia: "Coba aja, istigfar!" 
Begitu mulu isi obrolan saya dan Marisa, yah maklum namanya juga orang setress sakit.
"Mana udah belom gambarnya?" tanya Marisa suatu hari.
"Auk ah! Masih sakit nyet!" jawab males-malesan.
"Kirim sinih!" balesnya.
"Udeh" saya pun mengirimkan gambar ala kadarnya.

Tiba-tiba..
Marisa: "NYET.. INI BAGUS.. GAMBAR SIAPA?"
Saya: "gambar gue, ini ceritanya gue nyet, robot yang kakinya abis di operasi, nama robotnya Robi!"
Marisa: "Aaaak.. gue digital-in ya? Boleh yaaaa!"
Saya: "iye!"
Entah karena dorongan apa, saya jadi keterusan menggambar. Begitu kelar gambar, saya kirim Marisa. Hingga..

"Nyet, ini gambar untuk Sabia (anaknya sahabat kami juga Smita), bagus gak? Judulnya Sabia's Hot Air Balloon." suatu hari saya kirim email ke Marisa. Seorang sahabat Smita minta saya menggambarkan untuk anaknya Sabia. Codenya: Ceria, warna-warni. Maka jadilah..


dan dibales..
"AAAAAAAAK... INI BAGUUUUSSS!! GUE DIGITALIN YA!"

Sebenernya, saya gak ngerti maksudnya di digitalin itu diapain gambar saya, tapi karena ge-er ngerasa dapat dukungan, maka iyain aja deh. Gak beberapa lama, Marisa pun ngirim hasil yang katanya udah di digitalin sama dia. Dan hasilnya..

"AAAAAAAAAAAAAAAAK, KENAPA JADI KEREN GINIIIIIIIH GAMBAR GUE!" Mata mau copot, ngeliat gambar sendiri. Lebeeeey

Smita pun akhirnya dikasih liat hasilnya melalui path. Alhamdulillah respon teman-teman yang melihat pun positif, mereka pada suka gambar Sabia's Hot Air Balloon.

Dengan semangat '45, tiba-tiba Marisa whatsapp saya :
Die: Nyet, kita bikin web hasil kolaborasi kita yuk!
Saya: Gak ngerti, nyet.
Die: Hadeuh, jadi gini, lo sketch gambar, nanti gue digital-in aja.
Saya: Yang bener lo nyet, mauuuuuk.
Die: nama webnya apa?
Saya: hmmm..
Die: hmmm..
Saya: ooo.. eh..
Die: Apaa.. ck..
Die: Ahh... gue tauuuu.. Pingu on Mars aja gimana?
Saya: KEREEEENNNN!!! MAUKKK!!
Maka lahirlah sudah Pingu On Mars, pada 28 Februari 2013. Sebuah kolaborasi 'unik' tsaelah antara saya dan Marisa.

PINGU: saya dan MARS: Marisa.
Jadinya: PINGU ON MARS

Alhamdulillah hingga sekarang, Pingu On Mars sudah mulai dikenal orang, sudah banyak yang mulai membeli karya kami. Dan gak kerasa juga, Pingu On Mars udah mau setahun. Sekarang, Pingu on Mars jadi tempat lari saya dan Marisa kalau lagi galau setres dengan kesibukan masing-masing. Kita saling kirim sketch, dikomentarin, kasih masukan, dijadiin sebuah karya deh.

Bangga? Banget.
Silahkan jika ingin melihat hasil karya kami di PinguOnMars atau follow @PinguOnMars bisa dipesan juga loh! :D



Terakhir, tidaklah asik, jika isi blog ini tidak berisi ucapan terimakasih seperti diskripsi dan kolom cover album artis :
  • Istri tercinta, sayangku sudah mau mengerti dan mendukung ngebeliin buku gambar dan pinsil. Kepada anak-anak saya, terutama kakak Maira, yang selalu ngedorong saya untuk gambar dan gambar.
  • Miund, yang telah memperkenalkan Marisa dan selalu memberikan dorongan, 'kalo setiap orang itu bisa gambar'. Thank youuuuu, Miund. :*
Dan..
  • Nyet.. thank you ya, gara-gara elo, gue jadi mulai pede sketching (anying mengembeng) dan terimakasih udah mau 'nemenin' gue pas sakit.




No comments:

Post a Comment