Thursday, December 19, 2013

VESPA BAHAGIA

Kesel, sebel, dongkol, betek itu adalah sebuah emosi yang kita alami jika sebuah atau peristiwa terjadi TIDAK seperti yang kita impikan / harapkan / bayangkan.

Ujung-ujungnya, sisa hari bakal dirundung dengan muka ditekuk, kayak uang seribuan kembalian rokok abang warung.

Suatu hari rasa itu menghampiri saya. Beugh. Rasanya tuh..

Beugh!
(binggung saking keselnya binggung mau dituliskan dengan kata-kata alesan padahal emang males nulis panjang aja.)


Entahlah, kenapa perasaan itu bisa dateng ke saya. Seharusnya di usia 31 kayak saya. Seharusnya sudah TERBIASA dengan perasaan itu. Tapi ntah kenapa, hari itu saya BEUGH banget, jatuh kembali ke lubang yang sama.

DIEM.
KESEL SENDIRI.
MENGUMPAT.
TONJOK-TONJOK TEMBOK.
TENDANG-TENDANG KRIKIL.
MAKAN.

Lah, kok makan?
Iya, karena saya doyan makan. Padahal emang rakus aja. Entah kenapa saya selalu susah untuk menahan mata kalo liat makanan enak.

BIASANYA makan bisa menggembalikan atau menghilangkan rasa BEUGH itu. Tapi, tidak hari itu. Saya uring-uringan di jalan, gak berani pulang ke rumah. Saya tidak mau membawa perasaan BEUGH itu ke rumah. Saya tidak mau istri dan anak-anak kena imbas perasaan BEUGH itu.

Gilak, perasaan itu gak bisa ilang. Gak juga mau pergi dari hati. Gak bisa nih kayak gini. Akhirnya, saya putuskan untuk cuci mata, bukan mata dicuci pake air ya, tapi liat yang lucu-lucuk, eh tapi bukan liat cewek manis dan unyu ya, bukan, bukan itu. Tapi bener-bener window shopping aja.

Tiba-tiba aja, tangan ini menggambil sebuah mainan dan MEMBAYARNYA, PADAHAL BELUM GAJIAN.

BEUUGHH!!!
DOUBLE BEUGH!!!
Apa kata istri!

Tapi apa mau dikata, barang yang udah dibeli, gak bisa dibalikin lagi, terpaksa saya masukkan tas. Self defense.

Handphone berbunyi. Istri bertanya, udah dimana?
Saya pun memutuskan untuk pulang. Kembali ke pelukan istri. tsaah.

Sampai rumah, napas saya hembuskan berkali-kali. berharap perasaan BEUGH itu lenyap segera. Saya ketok pintu. Istri membuka pintu. Dan tersenyum.

GUSTII, SUMPAH PERASAAN BEUGH ITU GONE. taiklah sok bahasa inggris.

'Eh, ayah udah sampe? Mau makan apa? Bikin es teh manis gak?' kata istri.

NYESSSH VROOH.
MAKASIH ALLAH, SAYA DIKASIH ISTRI CANTIK DAN BAIK HATI.! *usap muka*

'Mau sayang, makasih ya!' jawab saya sambil menyoel dagunya.

Saya taruh tas, saya keluarkan tempat bekal yang sudah dibawakan istri. Kemudian, saya lihat mainan yang saya beli. Saya pegang. Dan entah mengapa, kaki saya tiba-tiba menuju kamar bapak.

Saya ketuk kamar beliau.
"Pak, bapak, udah tidur belum?" Kenapa nanyanya itu ya, klo udah tidur pasti gak bakal dijawablah.

Eh dari dalem beliau menyaut, "Opo, Le?" (Ada apa, Nak).

Beliau keluar kamar, mengucek matanya, dan menguap.

"Iki, untuk bapak!" (Ini, untuk bapak). Saya kasih mainan itu ke beliau.

Beliau bengong.
Pelan-pelan ujung bibirnya tertarik ke samping. Beliau tersenyum sumringah. Kayak anak kecil.

"Loh, ini kan vespa bapak dulu. Vespa 78, kan?" tanyanya mengebu-gebu.
"Iya pak. Ini Vespa bapak dulu."


Saya tau bgt, beliau cinta sama Vespa, dan saya tau dia dulu pernah punya Vespa thn 1978 ini, tapi skrg udah gak ada.

Beliau kemudian duduk, beliau lihat dengan teliti vespa mininya.
Beliau pegang-pegang stangnya, beliau bolak-balik vespanya.

"Ini original merchandise ya le? Larang ora? Makasih yo, Le!"
(Ini original merchandise ya, Nak? Mahal gak? Makasih ya, Nak!)

Beliau nanya terus kayak wartawan.
Burem. Tiba-tiba mata saya burem. Tertutup oleh air mata. Air mata bahagia.

Kenapa bisa begini?
Kenapa perasaan BEUGH tadi sekarang berubah menjadi perasaan INDAH.

APAKAH KESAL = BAHAGIA YANG TERTUNDA?
Jika iya, maka saya harus lebih banyak bersabar. Lebih banyak menoyor kepala saya sendiri, karena masih banyak orang yang bisa bahagia tanpa harus BEUGH dahulu.

Semoga, suatu hari pasti saya bisa.
Amin.

No comments:

Post a Comment