Tuesday, January 14, 2014

Perayaan ulangtahun dalam kumpulan Purbakala Dipantara di Belantara Ibukota

Alhamdulillah, tanggal 11 kemarin, usia bertambah, doanya semoga di tahun ini yang terbaik akan datang menghampiri, tentunya ditambah lagi semangat dan kerja keras setelah tahun lalu, udah kayak roller coaster.

Tanggal 11 Januari 2014, alhamdulillah lagi, Allah memberikan kejutan dengan cara yang berbeda, yaitu meluluskan saya menjadi salahsatu peserta Jelajah Museum #NXChallenge nya @museumproject sama @samsung_ID di Museum Nasional dengan BADAN MERIANG DAN SUHU TUBUH 39 DERAJAT. Kok bisa?


Jadi gini..

Bebeberapa minggu yang lalu, @museumproject bikin woro-woro siapa yang mau ikutan jelajah museum ke Museum Nasional, kali ini mereka bekerja sama dengan @samsung_ID, dan acaranya :
  • Jelajah museum 
  • Workshop fotografi 
  • Plus bagi-bagi hadiah sebesar 4,5 juta dan kamera Samsung. 
Sebagai pecinta museum dan fotografi, kapan lagi dapet uang dan camera gratis akhirnya ikutan daftar, dan Alhamdulillah saya lolos sebagai salahsatu dari 15 peserta yang terpilih.


Seneng banget, tapi.. di hari H badan saya meriang, entah karena apa, suhu badan jadi 39 derajat, pusing dan mual-mual, dengan semangat pede bakal dapet uang cash dan kamera gratis bakal punya pengalaman dan teman baru, bismillah kaki ini pun melangkah.

Jam 07.45 saya sudah sampai Museum Nasional, tentunya saya foto-foto #selfie dahulu dan membalas ucapan ulangtahun yang sudah mengalir di gadget karena masih sepi secangkir kopi abang-abang kopi keliling jadi teman yang pas pagi itu. Jam 08.00 teng acara dimulai dengan foto semua peserta.



Acara selanjutnya adalah workshop fotografi oleh Mas @gunnarnimpuno beberapa tips dari beliau :
  • Kamu termasuk kedalam Foto Maker atau Foto Taker? 
  • Buatlah konsep kilat sebelum kalian menjepret kamera, fotonya mengenai apa? mau diapain fotonya, di share di socialmedia, di simpen sendiri atau untuk pameran? 
  • Gunakan penalaran, misal: cahaya, tentukan suatu objek, depth of field, dan lain-lain.
  • Apa cerita di balik fotonya.
  • Serulah pokoknya!

Setelah workshop, para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok. Saya kebagian bareng @evayuliana sang finance dan @yunaidijoepoet seorang fotographer muda National Geographic Indonesia. Kami pun diberikan 2 buah kamera, NX300 dan NX200 serta tugas untuk membuat sebuah kolase mengenai Museum Nasional. Yang foto dan captionnya paling menarik, akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah uang dan kamera. Wohooo...


Sebelum foto hunting, @museumproject diwakili @myArtasya dan @faridardian langsung nyerocos pintar dan enak banget ngejelasin sejarah Museum Nasional (cerita atau sejarah Museum Nasional dari mereka berdua akan saya postingkan berbeda). Setelah keliling-keliling, race pun dimulai.


Dengan semangat 45, kami (saya-eva-juni) mulai membuat konsep dan berbagi tugas. Karena udah oleng karena pusing dan badan panas, saya kebagian editorial untuk caption dan sejarah Museum Nasional, Eva mengambil foto semua yang berada di dalam museum dan Juni mengambil foto yang berada di luar museum. Gak terasa waktu 1,5 jam yang diberikan panita pun selesai, kami segera memilih foto dan mulai memberikan caption.

Purbakala Dipantara di Belantara Ibukota.

Sejarah peradaban nusantara dimulai berabad-abad silam. Kerajaan Sriwijaya dengan pengaruh Budha, mahsyur di aliran Sungai Musi. Pengaruh kerajaan ini bahkan hingga kedaratan India. Prasasti-prasasti peninggalan mereka tersebar dimana- mana. Sriwijaya adalah kemegahan peradaban dipantara. Begitu pula peradaban kerajaan lain yang menemani perkembangan dipantara menuju nusantara hingga menjadi indonesia.

Dibelantara kota Jakarta, nostalgia masa silam bisa kita temui di museum nasional. Museum tua peninggalan Belanda ini menjadi sarana pengetahuan untuk membuka tabir-tabir sejarah negeri Zamrud Khatulistiwa.

10 menit.. terpilih 4 foto pilihan dan langsung upload di instagram masing-masing, sambil menunggu panitia memilih pemenang, makan siang pun di gelar, tapi bukannya makan saya malah jackpot -___-  ya udahlah ya, lemes seadanya.. pasrah.. nyender, dan tiba-tiba.. nama kami bertiga dipanggil sebagai JUARA PHOTO STORY..



 WOOOHOOOOO!!!


Terimakasih @museumproject @samsung_ID





1 comment:

  1. Like this like this..seneng banget bisa ketemu dan kenal orang2 hebat seperti mas anto..junet dan yang lainnya yg ada di museum nasional tgl 11 januari 2014 kemarin :* :* kapan2 kita foto hunting bareng ya ;)

    ReplyDelete